Slider

Lubang Tikus

Sudah sepuluh tahun lebih jalan penghubung antar kecamatan itu rusak parah dan tidak kunjung diperbaiki. Karena kondisi ini, warga yang kesehariannya melewati jalan itu jadi terhambat. Berbagai persoalan muncul, dari kecelakaan, pertengkaran keluarga, terhambatnya proses belajar, saretnya roda perekonomian hingga batalnya sebuah lamaran. Semua disebabkan karena jalan rusak dipenuhi lubang. Mau sampai kapan jalan kemerdekaan negeri ini dibiarkan terus berlubang?

 Aji(24th) adalah orang yang paling vocal menyuarakan protes dan kritikan pedas karena pemerintah kabupten yang abai.  Dia membuat video tentang kondisi jalanan yang dipenuhi lubang. Ditambah caption yang provokatif, Aji membuat Bapaknya yang seorang Kades gerah. Bagaimana mungkin, seorang Kades yang tahun depan akan mencalonkan diri jadi Bupati justru punya anak provokator? Lewat sang istri, Pak Kades berusaha meredam Aji agar tidak lagi membuat video dengan konten-konten kritikan pada pemerintah. Namun  hal itu tidak diperdulikan Aji. Dia tetap melancarkan kritikan-kritikan pedas pada pemerintah kota.

 Jalanan berlubang adalah sumber banyak masalah. Seperti Dalimun(40th) seorang tukang kredit panci yang punya pelanggan hobi nunggak bayar hutang. Dia harus mengumpulkan banyak uang untuk biaya lahiran istrinya. Tapi ketika istrinya akan lahiran ke puskesmas, mobilnya justru tidak bisa lewat sebab di depan ada truk pengangkut sembako yang rodanya masuk lubang.

 Hal sial juga dialami Lutfi(40th) yang merupakan anggota DPR. Secara bersamaan dia harus buru-buru membawa ayahnya ke rumah sakit karena sakit jantung, tapi sialnya mobil yang dia kendarai tidak bisa lewat lantaran ikut terjbak macet.

 Tidak hanya Dalimun dan Lutfi, Rombongan Romi(28th) yang akan berangkat melamar juga terancam gagal. Bus yang mereka tumpangi tidak bisa lewat karena truk sembako tadi.

 Kondisi semakin kacau, malam-malam, hujan dan tanpa penerangan,  banyak hal yang tidak sepatutnya terjadi di jalanan harus terjadi juga. Ayah Lutfi meninggal di jalanan, Istri Dalimun melahirkan di jalanan serta Romi yang melamar kekasihnya di tengah jalah. Lucunya cincin yang harusnya dipasang di jari manis harus jatuh di lubang jalan. Semua heboh mencari cincin.

 Karena tidak ingin kembali ada korban, Aji akhirnya mengajak warga untuk gotong royong menambal lubang-lubang jalanan. Dengan swadaya, masyarakat bergerak untuk memperbaiki keadaan. Biarkan politisi sibuk nyari duit agar balik modal kampanye. Bagaimanapun keadaannya, jangan hilang kebanggan pada Indonesia. Salam Indonesia raya. Merdeka!

CERITA                                                  : HARIS SUHUD

SKENARIO                                           : HARIS SUHUD

EKSEKUTIF PRODUSER                 : DEDDY MIZWAR

PRODUSER                                          : ASAD AMAR                                      

SUTRADARA                                       : KIKY ZAKARIA

PERAN UTAMA PRIA                       : MIQDAD ADDAUSI             

PERAN PEMBANTU PRIA               : H. KOMAR

PERAN PEMBANTU PRIA               : RENDY KJAERNETT

PERAN PEMBANTU WANITA       : VIZZA DARA

PERAN PEMBANTU WANITA       : MUTHIA DATAU

PENATA CAMERA                             : IQRA SEMBIRING

PENYUNTING GAMBAR                 : BAYU SAMANTA

PENATA ARTISTIK                            : MASBRENKS

PENATA MUSIK                                 : THOERSI ARGESWARA

PENATA SUARA                                 : HARI AS SYAMSUAR

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn